Ketahui! 10 Tips Mengelola Utang Secara Bijak

Tahukah Anda jika utang dapat menjadi suatu beban yang amat berat bagi sebagian besar orang. Hal ini dapat terjadi manakala utang tidak terkelola dengan baik, bahkan yang lebih mengerikan adalah utang dapat menjadi batu hambatan dalam kemajuan tren keuangan Anda. Bagi sebagian besar orang utang juga menimbulkan gejala stres berlebihan, sekali lagi hal ini dapat terjadi karena tidak terkelolanya utang secara bijak. 

Pentingnya Mengelola Utang

Berutang itu boleh – boleh saja selama tidak menganggu kondisi keuangan Anda serta dipastikan bahwa utang yang Anda lakukan disesuaikan dengan gaji atau penghasilan yang diperoleh, jangan sampai besaran utang melebihi 50% total gaji Anda, karena dampaknya akan sangat buruk. 

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan belajar bersama kembali terkait bagaimana mengelola utang secara bijak. Tentu dengan terkelolanya utang, akan memberikan konsekuensi berupa terjaganya tren keuangan Anda untuk terus maju. Berikut adalah 10 tips yang bisa Anda terapkan dalam mengelola utang secara efektif. Simak pembahasan di bawah ini. 

Lakukan Identifikasi dan Pencatatan

Strategi awal yang mesti Anda perhatikan dalam pengelolaan utang yakni memahami secara keseluruhan terkait dengan kondisi keuangan yang tengah Anda alami. Identifikasi secara jelas neraca keuangan Anda, apakah kemudian Anda telah siap untuk memulai berutang? Jika memang belum, jangan sekali – kali memaksakan karena akan menimbuln stres mengenai keuangan dalam periode ke depan 

Jika Anda telah memiliki utang, maka catatlah utang tersebut, catat juga darimana utang itu berasal dan berapa jumlahnya. Termasuk dalam hal ini, jika Anda memanfaatkan utang dengan metode tenor, maka catat juga berapa lama Anda harus membayar sampai dengan lunas. 

Dengan melakukan hal ini, Anda akan mengetahui neraca keuangan secara lebih spesifik dan mendetail. Berapa penghasilan atau gaji dalam periode bulan serta berapa besar utang yang harus dibayarkan. 

Mulai Prioritaskan Utang Anda

Tips berikutnya adalah dengan memprioritaskan utang Anda. Pastikan bahwa sebelum memasuki langkah ini, untuk menyelesaikan terlebih dahulu langkah pertama yakni mengidentifikasi dan mencatat utang Anda. Kemudian, Anda dapat melakukan prioritas pembayaran utang yang dimiliki. Jika Anda memiliki lebih dari satu utang, maka prioritaskanlah utang dengan suku bunga yang lebih tinggi.

Alasan hal ini dilakukan adalah untuk memastikan bahwa utang dengan suku bunga tinggi dapat segera terselesaikan. Namun, jika utang Anda hanya ada satu, maka jangan sekali – kali untuk mengambil utang kembali di luar batas kemampuan Anda. Lebih baik, Anda gunakan sisa penghasilan untuk berinvestasi dan menabung. 

Buatlah Anggaran Secara Terperinci 

Selanjutnya adalah dengan membuat anggaran yang jelas. Anggaran merupakan sekumpulan rencana yang dapat membantu Anda dalam melakukan pengelolaan utang dengan baik. Memiliki anggaran yang terdokumentasi dapat secara realistis membantu Anda dalam melakukan pelacakan terhadap pengeluaran Anda. 

Oleh karenanya penting mulai dari sekarang untuk membuat anggaran serealistis mungkin. Jangan sampai Anda menghiraukan begitu saja soal anggaran, karena kunci dari pengelolaan keuangan yang baik adalah dengan memiliki anggaran yang jelas. 

Cari Cara untuk Meningkatkan Penghasilan

Tips berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan meningkatkan penghasilan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menambah penghasilan. Barangkali, jika Anda adalah seorang karyawan maka dapat menambah penghasilan dengan mencari pekerjaan sampingan, seperti freelancer atau berdagang. 

Meningkatkan penghasilan dapat semakin meringankan beban keuangan Anda akibat utang. Semakin besar penghasilan yang Anda peroleh, maka semakin ringan pula ketika Anda hendak melakukan pembayaran utang. 

Pertimbangkan juga untuk sesegera mungkin melunasi utang Anda, serta gunakanlah penghasilan Anda untuk hal – hal lain yang dapat menjaga tren pertumbuhan keuangan Anda, contohnya seperti berinvestasi, menyiapkan dana darurat, menyiapkan dana pensiun, atau menyiapkan untuk modal berwirausaha secara mandiri. 

Pentingnya Mengelola Utang dengan Bijak

Gunakan Metode Pembayaran Utang yang Efektif

Metode yang Anda pilih dalam pembayaran utang juga memengaruhi tren keuangan Anda. Setidaknya terdapat dua jenis metode dalam pembayaran utang. Pertama, melalui metode yang disebut dengan bola salju. Dimana pembayaran utang dilkukan terlebih dahulu untuk jumlah utang yang terkecil terlebih dahulu. Metode ini dilakukan dengan skenario untuk memperoleh momentum yang efektif. 

Sementara metode yang kedua yakni salju bola, dimana Anda dapat membayar utang yang besar terlebih dahulu sembari melakukan pembayaran minimum untuk utang yang lebih kecil. Kedua metode ini dapat Anda pilih dengan mempertimbangkan kondisi keuangan Anda. 

Pertimbangkan untuk Mengonsolidasikan Utang

Mengonsolidasi utang dapat diterapkan bagi Anda yang memiliki jumlah utang yang sama - sama memiliki suku bunga yang tinggi. Konsolidasi utang terjadi ketika Anda memutuskan untuk menjadikan beberapa utang tersebut dalam satu pinjaman yang tentunya dengan suku bunga yang lebih rendah. 

Jaga Pengeluaran Anda Tetap Rendah

Berikutnya ketika Anda masih memiliki beban utang, berusahalah untuk menjaga pengeluaran Anda serendah mungkin. Jangan melakukan pembelian yang impulsif atau berlebihan, cukup penuhi kebutuhan yang memang benar – benar Anda perlukan saja sembari berusaha melunasi utang Anda. 

Dengan cara ini, kondisi neraca keuangan Anda akan jauh lebih sehat meskipun tengah memiliki utang yang wajib dibayar. Tidak mengapa untuk hidup hemat terlebih dahulu, karena yang terpenting adalah bagaimana melunasi utang secepat mungkin. 

Jangan Mengambil Utang Baru

Salah satu penyebab adanya gagal bayar utang adalah keputusan mengambil utang baru. Berbagai motif dan faktor mengambil utang baru memang sangatlah kompleks. Namun, hindari sedini mungkin mengambil utang baru yang justru menambah beban keuangan Anda. Pastikan bahwa utang Anda yang tengah berjalan terbayarkan terlebih dahulu, karena jika Anda mengambil keputusan yang salah tentu akan berpengaruh buruk bagi Anda sendiri

Berbicara dengan Kreditor Kamu

Dalam kondisi tertentu, pasti Anda menghadapi situasi yang sulit untuk membayar utang. Ketika berada dalam kondisi seperti ini, jangan ragu untuk membangun pembicaaraan kepada kreditor Anda. Jelaskan situasi keuangan Anda, bahkan jika perlu lakukan permohonan untuk restrukturisasi utang Anda atau melakukan pengurangan suku bunga. 

Jangan Menyerah

Tips terakhir dalam artikel ini adalah jangan menyerah dan jangan mudah putus asa. Memang terkadang utang dapat menjadi faktor dominan rusaknya kondisi keuangan jika tidak terkelola dengan bijak. Maka tidak ada pilihan lain – selain terus berusaha sekuat tenaga untuk segera melunasi utang. Menambah penghasilan juga dapat Anda lakukan untuk benar – benar memastikan bahwa kondisi keuangan Anda terjaga dengan baik. Pahami situasi keuangan yang Anda alami sekarang, jika memiliki utang dengan jumlah yang besar dan Anda merasa keberatan untuk membayarnya, jangan ragu untuk menghubungi pihak kreditor. 


Mengelola Utang dengan Bijak


Nah, itulah 10 tips mengelola utang secara bijak yang dapat Anda terapkan, pastikan bahwa Anda mulai berusaha untuk melunasi utang demi menjaga stabilitas keuangan Anda menjadi lebih berkembang.

Artikel Terkait

2 Komentar Tulis komentar

no-image-user
MBEaYsdW
1 minggu yang lalu
fFQPeHAkTWj
no-image-user
rdMIYuZLhKFV
19 jam yang lalu
bWeksQdaFnxZmgoB

Tulis komentar kamu

CAPTCHA code