11 Cara Menulis Artikel SEO Friendly, Inilah Ulasannya

Pentingnya Penerapan SEO


Menulis artikel yang bagus saja tidak cukup  untuk menempatkannya pada peringkat atas mesin pencarian. Anda juga perlu membuat artikel Anda ramah mesin pencari, dengan begitu, blog Anda akan dengan mudah menjadi nomor satu di Google dan kebanjiran pengunjung.

Menulis artikel dalam SEO Friendly digunakan dalam beberapa keperluan, seperti meningkatkan volume penjualan produk, meningkatkan pendapatan dari iklan web, dan lain sebagainya. 

Bagaimana caranya? Pertama, Anda perlu mengetahui cara membuat artikel yang teroptimasi SEO, yaitu artikel yang mengikuti aturan algoritma terbaru Google dan menarik bagi pembaca. Pada artikel kali ini akan dibagikan 11 Tips Menulis Artikel SEO secara efektif . Penasaran? Yuk, baca selengkapnya!

1. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Langkah pertama untuk membuat artikel Anda mematuhi pedoman SEO adalah dengan menggunakan kata kunci yang tepat, khususnya yang memiliki volume pencarian tinggi, persaingan rendah, dan relevan dengan niche blog Anda.

Kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi menunjukkan bahwa kata kunci tersebut banyak dicari oleh masyarakat. Oleh karena itu, jika ditulis pasti akan menarik banyak pembaca.

Kata kunci yang kurang kompetitif akan membantu Anda mencapai posisi tinggi di Google dengan mudah. Hal ini mungkin terjadi karena tidak banyak orang yang menulisnya atau pesaing Anda tidak memiliki blog yang besar.

Yah, memilih kata kunci yang tepat untuk niche blog Anda akan membantu konten Anda tetap relevan . Dengan begitu, akan sesuai dengan kebutuhan pengunjung blog Anda. Misalnya, beauty blog, tentu akan lebih pas menggunakan kata kunci seperti tips kecantikan, skincare terbaik, dan semacamnya.

Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat, Anda bisa melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Beberapa SEO tools untuk riset kata kunci gratis yang bisa Anda gunakan adalah Ubersuggest, KWFinder, atau Google Trends.

2. Memahami Maksud Pengguna

Maksud pengguna adalah apa yang diinginkan pengguna ketika mereka memasukkan kata kunci tertentu ke Google. Menulis artikel SEO perlu memperhatikan maksud pencarian, karena maksud pencarian adalah salah satu faktor peringkat Google. Alasannya karena memiliki niat yang tepat akan memuaskan kebutuhan pencari berupa konten yang relevan.

Nah, ketika pengunjung mendapatkan informasi yang mereka inginkan, tentu mereka akan berlama-lama membaca artikel Anda. Hal ini membuat Google menganggap artikel Anda bermanfaat dan layak mendapat peringkat tinggi.

Untungnya, memahami maksud pengguna cukup sederhana. Lihat saja artikel pesaing Anda di hasil pencarian Google (SERP). Misalnya Anda ingin menulis artikel dengan kata kunci “makanan kucing terbaik”.

Pada halaman pencarian, artikel yang muncul merupakan saran merek makanan kucing terbaik. Jadi, jika ingin menulis artikel, tulislah lebih banyak saran merek atau diskusi lebih mendalam sesuai kebutuhan pembaca.

3. Perhatikan Pendahuluan

Cara selanjutnya Membuat satu tulisan yang SEO-friendly adalah tentang menulis pendahuluan yang baik yang memenuhi maksud pembaca dan mengandung kata kunci. Mengapa demikian?

Pertama, pendahuluan yang salah akan membuat pembaca meninggalkan artikel Anda. Kedua, menempatkan kata kunci dalam pendahuluan dapat membantu Google memperkenalkannya kepada pembaca yang tepat.

4. Bagi Menjadi Paragraf Pendek

Usahakan paragraf dalam tulisan Anda singkat karena dapat membuat pembaca merasa nyaman. Tiga kalimat biasanya cukup untuk menyampaikan penjelasan yang jelas.

Menurut penelitian, pembaca artikel online cenderung tidak membaca kata demi kata melainkan memindai dengan huruf “F” (pola berbentuk F). Pembaca akan membaca kepala pendahuluan. utuh, lalu pindai kata/frasa menarik secara vertikal. Begitu saja sampai akhir artikel.

5. Menggunakan Teknik Piramida Terbalik

Piramida terbalik adalah teknik penulisan dimana Anda meletakkan informasi terpenting di awal, diikuti penjelasan lebih detail, dan diakhiri dengan informasi tambahan.

Pendekatan ini akan membuat tulisan Anda tidak terlalu bertele-tele dan memungkinkan pembaca memahami informasi penting dengan lebih mudah dan cepat.

11 Cara Menulis Artikel SEO

6. Tulis Artikel Berfokus pada Topik

Mengidentifikasi topik dan fokus pada penjelasan adalah cara penting untuk membuat artikel ramah SEO. Selain tidak membingungkan pembaca, topik artikel yang jelas akan membuat informasi yang disampaikan lebih runtut.

Misalnya ketika Anda menulis artikel “cara beternak ikan lele”, sebaiknya Anda fokus pada petunjuk cara beternak ikan lele. Jika Anda ingin membahas jenis-jenis ikan lele yang akan dipelihara, tulislah artikel lain. Hal ini akan memungkinkan Anda berdiskusi lebih mudah dan mendalam.

7. Gunakan Lebih Banyak Konjungsi

Seperti namanya, konjungsi adalah kata-kata yang digunakan untuk menghubungkan kalimat atau paragraf. Konjungsi digunakan untuk membantu pembaca memahami hubungan antar ide dalam artikel.

8. Tambahkan Konten Visual

Konten visual seperti gambar, ilustrasi, infografis, grafik, GIF, dan meme juga menjadi cara membuat postingan yang SEO optimasi lho! Mengapa?

Otak manusia memproses data visual 60.000 kali lebih cepat dibandingkan data tertulis. Jadi, memasukkan data berupa infografis atau grafik pada artikel Anda akan memudahkan pembaca untuk memahaminya.

Selain itu, konten visual dengan kombinasi warna yang tepat terbukti mampu meningkatkan minat pembaca hingga 80%. Misalnya warna yang tidak bentrok atau warna yang sesuai dengan desain website Anda.

Terakhir, 91% pengguna Internet lebih memilih konten visual dibandingkan konten tertulis. Alhasil, mereka akan lebih nyaman membaca artikel Anda jika terdapat konten visual yang mendukung penjelasannya.

9. Optimasi Gambar

Menulis artikel SEO yang menambahkan konten visual sangatlah penting. Namun, Anda perlu mengambil langkah-langkah optimasi. Tujuannya untuk menghemat sumber daya penyimpanan, meningkatkan kecepatan loading blog atau website, dan menjaga kenyamanan pengunjung.

10. Gunakan Heading

Heading adalah judul bagian artikel yang menjelaskan informasi tertentu. Penggunaan judul sangat penting saat menulis artikel SEO. Pasalnya, pembaca akan lebih mudah menemukan outline atau topik utama artikel Anda. 

Terutama bagi mereka yang ingin mempelajari informasi yang terkandung dalam artikel tersebut. Tentu dengan adanya heading akan semakin memudahkan pembaca dalam memahami informasi yang Anda tulis dalam artikel. 

11. Cobalah untuk Mengoptimalkan Panjang Artikel

Yoast, pembuat salah satu plugin SEO terbaik, merekomendasikan panjang artikel minimal 300 kata agar Google dapat memahami topik Anda. Namun, setidaknya buatlah artikel dengan rata-rata panjang 1.000 hingga 2.500 kata. Mengapa demikian? Ada dua alasan:

Pertama, artikel yang panjang sering kali memiliki penjelasan yang komprehensif sehingga memberikan manfaat lebih bagi pembaca.

Kedua, artikel panjang yang dioptimalkan untuk SEO cenderung memiliki lebih banyak judul, gambar, atau tautan yang dapat disuntikkan kata kunci. Efeknya SEO artikel secara keseluruhan akan lebih baik.

Selama panjang artikel optimal dan informasi yang diberikan sesuai, artikel akan mudah mendapat peringkat tinggi di hasil pencarian.

11 Cara Menulis Artikel SEO

Nah itulah 11 cara membuat artikel SEO secara efektif. Melalui artikel yang SEO Friendly, pastilah artikel yang Anda buat akan mampu menduduki peringkat atas mesin pencari. Oleh karenanya, mulailah menulis artikel sesuai dengan pedoman SEO Friendly .

Artikel Terkait

0 Komentar Tulis komentar

Belum ada komentar, jadilah komentar pertama

Tulis komentar kamu

CAPTCHA code