9 Cara Meningkatkan Minat Belajar Anak secara Efektif, Simak Ulasannya

 Metode pembelajaran anak yang efektif, menyenangkan dan tidak membosankan dapat diterapkan oleh orang tua di rumah. Seorang anak akan lebih mampu memahami apa yang dia pelajari dengan metode belajar yang tepat. 

Metode pembelajaran merupakan hal yang paling penting dan harus diperhatikan oleh orang tua dalam penerapannya sejak dini. Orang tua harus memilih metode pembelajaran yang efektif dan tidak membosankan agar anak dapat lebih memahami materi dan rajin belajar. Metode yang salah pasti bisa membuat anak menjadi malas dan kurang termotivasi untuk belajar.

Ada 8 metode belajar anak yang efektif, menyenangkan dan tidak membosankan yang bisa dipraktikkan dan diterapkan oleh orang tua di rumah.

1 . Menetapkan Tujuan

menentukan tujuan belajar

Metode pembelajaran anak yang paling mendasar dan efektif adalah menetapkan tujuan. Anda perlu menetapkan tujuan yang jelas dan spesifik dalam peningkatan proses belajar sang anak. Misalnya saja hari ini anak Anda akan belajar bahasa Inggris, termasuk salam. 

Tetapkan materi atau tujuan tertentu, seperti kemampuan mengucapkan hallo berdasarkan waktu saat ini dalam bahasa Inggris. Tetapkan tujuan yang mudah dan sederhana terlebih dahulu agar anak tidak bosan dan pembelajaran yang diberikan tetap efektif.

Apabila orang tua mampu menerapkan tujuan yang baik dan terstruktur dalam proses belajar anak. Maka anak akan lebih memahami terkait dengan pembelajaran yang mereka lakukan. Sehingga, prestasi anak akan jauh lebih meningkat drastis

2. Metode Belajar melalui Permainan

belajar dengan permainan

Metode belajar lisan untuk anak memang tidak mudah, selain membosankan, juga membuat anak kurang fokus dalam belajar. Apalagi jika Anda memberikan pelajaran mendengarkan pemahaman yang panjang dan rumit, pada akhirnya akan membuat anak Anda bosan dalam belajar. 

Metode ini dapat digantikan dengan metode mengajar anak yang efektif melalui bermain. Anak akan lebih mudah memahami dan memahami isi pembelajaran. Misalnya saja permainan tebak warna yang akan membantu anak mengungkapkan rasa ingin tahu. 

Keingintahuan dan pemahamannya terhadap warna yang dijelaskan secara sederhana. Langkah tersebut terbukti efektif dalam rangka meningkatkan pola belajar anak. Sehingga dapat semakin meningkatkan prestasi anak di bidang akademis. 

3. Metode Belajar dengan Bernyanyi

belajar sambil bernyanyi

Metode belajar untuk anak yang efektif selanjutnya adalah bernyanyi. Saat bernyanyi, Anda dapat memasukkan materi ke dalam lirik serta gerakan-gerakan yang menyenangkan dan menarik. 

Melalui metode pembelajaran ini, anak lebih mampu mengingat materi yang Anda sampaikan dan lebih fokus dalam belajar. Contohnya adalah materi yang berkaitan dengan bagian-bagian tertentu di rumah dapat diolah menjadi lagu dan dipraktikkan dengan gerakan tangan.

Banyak anak yang kemudian menyukai metode belajar dengan cara bernyanyi. Anda dapat menilai jenis musik apa yang disukai oleh anak, kemudian susunlah lirik lagu yang sesuai dengan apa yang akan dipelajari oleh anak. 

4. Alat Pembelajaran

                              belajar menggunakan alat peraga

Metode pembelajaran yang efektif bagi anak dapat dilakukan dengan menggunakan alat peraga pendidikan. Gunakan alat peraga saat belajar agar anak lebih fokus belajar. Apabila anak hanya belajar secara lisan, tanpa adanya bahan ajar maka anak akan mudah bosan dan malas belajar. Metode ini sangat cocok untuk dipelajari anak lebih mendalam.

Anda dapat mulai menyiapkan alat - alat peraga yang sesuai dengan apa yang anak pelajari. Metode ini terbukti secara efektif dapat meningkatkan pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran. 

5. Mengulang Materi

mengulang materi

Cara belajar anak yang efektif selanjutnya adalah dengan mengulang materi yang dipelajari. Sebaiknya Anda mengulangi materi yang dipelajari kemarin untuk membantu anak mengingat lebih dalam dan lebih memahami materi yang telah dipelajari. 

Tanpa pengulangan, anak akan mudah lupa dan tidak memahami materi yang telah dipelajarinya. Anda sebaiknya terus menghafal materi sebelumnya bahkan setelah mempelajari materi baru. Tapi, hal yang perlu Anda ingat adalah jangan pernah memaksakan anak untuk terus mengulang dalam periode waktu yang panjang. Hal ini malah akan membuat anak anda menjadi depresi ketika proses belajar. 

6. Menonton Film

menonton film

Metode belajar anak yang paling efektif keenam adalah menonton film. Gunakan cuplikan film yang menampilkan karakter yang disukai anak Anda dan bersifat mendidik. Hal ini akan merangsang minat belajar anak dan tidak membuatnya merasa bosan saat belajar. 

Selain itu, metode pembelajaran ini juga dapat membantu anak memiliki lebih banyak energi positif agar lebih aktif dan siap menerima hal-hal baru. Terdapat beberapa jenis film yang bersifat mendidik bagi anak. Hindarkan anak dari acara – acara televisi yang malah membuatnya malas dalam belajar. Penting bagi Anda untuk menemani anak ketika menonton film. Berikan penjelasan yang edukatif terkait dengan makna film tersebut dengan tetap memerhatikan bagaimana respon anak Anda.

7. Metode Bercerita 

bercerita

Metode pembelajaran yang efektif bagi anak adalah bercerita. Anda bisa memasukkan materi pembelajaran ke dalam cerita atau dongeng. Dengan cara ini, anak akan memahami isi materi yang dipelajari lebih cepat dan efektif. 

Anda juga dapat menerapkan cara ini ketika anak hendak beranjak tidur. Ceritakan apa yang kemudian disukai oleh anak serta balut cerita – cerita tersebut dengan materi pendidikan yang relevan dengan pendidikan anak Anda. 

8. Memberikan Hadiah

memberikan hadiah

Memberikan hadiah adalah metode pembelajaran anak yang paling efektif dan efisien. Dengan memberikan hadiah, anak akan meningkatkan motivasi belajarnya dan lebih aktif. Hadiahi anak setelah mencapai tujuan tertentu atau mencapai hasil yang baik agar anak bekerja lebih giat dalam belajar dan meningkatkan hasilnya.

Banyak anak yang motivasinya bertambah ketika mendapatkan hadiah dari orang tuanya ketika mencapai prestasi. Pancing tekad belajar anak Anda dengan metode ini, dan lihat bagaimana tingkat motivasi anak dalam belajar. Jika anak ternyata belum memberikan hasil yang maksimal, tetaplah berikan hadiah sebagai bentuk apresiasi terhadap usaha kerasnya dalam meningkatkan prestasi.

9. Membaca buku

membaca buku

Kemampuan literasi merupakan hal wajib yang mesti anak miliki, sehingga kemampuan kognitif anak akan berkembang pesat. Salah satu cara dalam meningkatkan literasi anak adalah dengan cara membaca. Maka kebiasaan membaca perlu kemudian untuk Anda tanamkan kepada anak.

Anda dapat meminta anak untuk membaca buku pada waktu – waktu tertentu. Berikan penekanan kepada anak Anda bahwa banyak membaca merupakan syarat wajib untuk menggapai prestasi akademis. Hal penting lainnya yakni dengan memberikan ruang bagi anak untuk membaca buku yang ia sukai. Pastikan juga untuk selalu mengawasi aktivitas membaca yang dilakukan oleh anak. Ini bertujuan untuk melihat sejauh mana perkembangan yang Anak alami. 

Demikianlah delapan metode efektif meningkatkan minat belajar anak. Mulailah dari sekarang untuk menerapkan metode – metode tersebut. Sehingga kemampuan kognitif anak Anda akan meningkat secara berkelanjutan. Karena pada dasarnya sosok orang tua memiliki andil besar dalam peningkatkan belajar anak secara berkelanjutan dan berimbang. 

Artikel Terkait

0 Komentar Tulis komentar

Belum ada komentar, jadilah komentar pertama

Tulis komentar kamu

CAPTCHA code