Mengenal Analisis SWOT Dalam Bisnis

Kamu pasti bertanya-tanya apa sih analisis SWOT itu dan untuk apa swot dalam bisnis. Secara umum, analisis SWOT itu dapat membantu kamu untuk mengembangkan bisnis, khususnya pada hal strategi mengembangkannya.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, pemahaman yang mendalam tentang analisis SWOT adalah kunci untuk mengambil keputusan strategis yang cerdas.

Maka dari itu, agar bisnis yang kamu jalani tidak tersaingi kompetitor, kamu harus pahami bagaimana strategi yang pas untuk menarik calon konsumen yang lebih banyak. 

Dalam artikel ini, kamu akan lebih paham tentang analisis SWOT dalam bisnis dan melihat bagaimana analisis SWOT dapat membantu bisnis kamu sukses.

Apa Itu Analisis SWOT?


Sumber: https://startup-buzz.com/

SWOT adalah singkatan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).

Analisis SWOT adalah kerangka kerja strategis yang digunakan untuk mengevaluasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kinerja suatu bisnis. Ini dapat membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan internal bisnis serta peluang dan ancaman eksternal yang dapat mempengaruhi kesuksesan bisnis.

Teknik ini awalnya diperkenalkan oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada tahun 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan fortune 500. 

Saat kamu melakukan analisis SWOT dalam sebuah bisnis, maka kamu akan mempelajari strategi yang efektif untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Mungkin kamu merasa teknik analisis SWOT itu cara yang ribet dan bikin pusing. Namun, kalau kamu bisa memahaminya dengan dalam kamu tidak akan susah menemukan strategi untuk mengembangkan bisnis kamu.

Langkah-langkah dalam Melakukan Analisis SWOT 

Setelah memahami pengertian SWOT di atas bahwa analisis SWOT adalah cara yang efektif untuk meningkatkan bisnis, sekarang mari simak penjelasan dalam langkah-langkah melakukan analisis SWOT dalam bisnis. 

1. Strengths (Kekuatan)

Di sini, kamu harus mempertimbangkan kekuatan-kekuatan internal bisnis kamu seperti kualitas produk atau layanan yang superior, reputasi yang kuat, dan tim yang berbakat. Misalnya seperti siapa saja tim-tim yang akan membantu kamu membangun bisnis tersebut.

2. Weaknesses (Kelemahan)

Langkah berikutnya adalah jujur tentang kelemahan dalam bisnis kamu. Mungkin kurangnya sumber daya, proses yang tidak efisien, atau kurangnya inovasi. 

3. Opportunities (Peluang)

Peluan adalah faktor eksternal dalam lingkungan bisnis yang cenderung berkontribusi pada kesuksesan bisnis. Maka, Fokuslah pada peluang eksternal yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis kamu. 

4. Threats (Ancaman)

Terakhir, identifikasi ancaman-ancaman yang mungkin dihadapi bisnis kamu. Ini bisa termasuk persaingan ketat, perubahan regulasi, atau bahkan perubahan tren konsumen.

Analisis SWOT Bagi Pebisnis Baru

Jangan takut, kamu yang baru terjun ke dunia bisnis dan baru ingin memulainya, kamu bisa melakukan menganalisis SWOT. Teknik ini bisa dilakukan dengan cara mengambil sudut pandang orang-orang terdekat tentang bisnis kamu. Intinya kamu bisa menemukan sudut pandang yang berbeda-beda.

Bagi pemula, analisis SWOT adalah salah satu proses perencanaan bisnis yang baik. Sebuah teknik yang akan membantu kamu menyusun strategi agar bisa memulai langkah yang efektif dan memahami arah bisnis yang kamu tuju.

Cara Melakukan Analisis SWOT Yang Efektif

Seperti yang sudah dibahas di atas, kamu perlu mengumpulkan tim untuk menganalisa SWOT. Kamu tidak perlu melakukan analisa itu sepanjang hari, hanya satu atau dua jam saja sudah cukup.

Istilah melakukan analisis SWOT di sini sebenarnya sama dengan membuat grup meeting kecil. Untuk mengetahui cara yang benar dan salah dalam menjalankan suatu hal. 

Namun sebelum meminta perkumpulan, ada baiknya untuk memberikan pengumuman terlebih dahulu agar semua yang hadir bisa melakukan persiapan pastikan ada sekelompok orang yang kompeten di bidangnya, khususnya marketing, pemasaran, dan staf lapangan langsung.  

Guna kamu harus ada sekelompok orang yang kompeten di bidangnya itu agar mendapatkan perspektif yang berbeda tentang bisnis yang ada.

Kamu harus mendengarkan semua suara untuk mengetahui perspektif masing-masing tentang perusahaan. Di sini, kamu juga harus bersikap objektif tanpa memihak karena tujuan adanya pertemuan ini untuk melakukan analisis SWOT.

Kamu juga bisa menggunakan langkah-langkah yang ada di bawah ini:

1. Mengumpulkan Data

Langkah ini kamu harus mengumpulkan data yang relevan mengenai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang terkait dengan bisnis kamu. 

2. Matriks SWOT

Setelah data terkumpul, kamu perlu membuat matriks SWOT. Ini adalah tabel yang memetakan kekuatan, kelemahan, peluan dan ancaman dalam format visual, memudahkan untuk melihat hubungan antara faktor-faktor tersebut.

3. Merumuskan Strategi

Berdasarkan analisis matriks SWOT, perusahaan dapat merumuskan strategi yang sesuai. Strategi ini harus memaksimalkan pemanfaatan kekuatan, mengatasi kelemahan, memanfaatkan peluang, dan menghadapi ancaman.

Dari hal tersebut, kamu bisa paham bahwa analisis SWOT adalah cara yang tepat untuk mengetahui perspektif lain dari bisnis kamu.

Contoh-contoh Pertanyaan Tentang Analisis Swot  dalam Bisnis

Dalam pertemuan kecil dengan tim internal, kamu juga bisa mengajukan pertanyaan untuk membantu dalam melaksanakan analisis SWOT seperti:

A. Mengenai Keunggulan (Strengths)

  • Apa saja keunggulan internal yang dimiliki perusahaan?
  • Proses bisnis apa yang sudah berhasil dijalankan?
  • Bagaimana perusahaan memanfaatkan sumber daya secara efektif?

B. Mengenai Kelemahan (Weaknesses)

  • Adakah hal yang harus dilakukan agar bisa menyaingi kompetitor?
  • Proses bisnis yang mana perlu dibenahi?
  • Bagaimana perusahaan mengatasi keterbatasan-keterbatasan ini?
  • Apakah aset fisik dibutuhkan untuk perusahaan?

C. Mengenai Peluang (Opportunities)

  • Apakah ada perubahan kebijakan yang memiliki pengaruh positif terhadap bisnis?
  • Bagaimana perusahaan bisa memanfaatkan perkembangan teknologi terbaru?
  • Adakah celah di pasar yang belum dimanfaatkan oleh pesaing?

D. Mengenai Ancaman (Threats)

  • Apa persaingan yang dihadapi oleh perusahaan?
  • Bagaimana perusahaan bersiap menghadapi perubahan regulasi yang potensial?
  • Apakah perilaku konsumen bisa berubah dan berdampak negatif untuk bisnis?

E. Mengenai Revisi (Revision)

  • Sejauh mana analisis SWOT bisa berubah seiring berjalannya waktu?
  • Apa mekanisme perusahaan dalam melakukan revisi terhadap analisis SWOT?

F. Mengenai Komunikasi (Communication)

  • Apa manfaatnya melibatkan berbagai level dan departemen dalam proses ini?
  • Bagaimana perusahaan memastikan pemahaman yang jelas terkait arah strategis berdasarkan analisis ini?

Analisis SWOT adalah sebuah teknik untuk memahami itu kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman dari bisnis kamu. 

Teknik ini alat yang kuat untuk menggali wawasan mendalam  tentang kondisi internal dan eksternal suatu bisnis. 

Dengan memahami faktor-faktor ini, perusahaan dapat mengambil langkah-langkah strategis untuk pertumbuhan dan keberhasilan jangka panjang.

Artikel Terkait

2 Komentar Tulis komentar

KUqhisMEkdYFwznl
4 minggu yang lalu
DWUTykFsqvc
faPkqAVrDYSFlm
3 hari yang lalu
yKEvhbeVuwm

Tulis komentar kamu

CAPTCHA code