Wajib Catat! Tips Jualan Online agar Cepat Laku


Apakah Anda berbisnis online dan sedang mencari cara berjualan online agar produk Anda cepat terjual? Anda membaca artikel yang tepat!

Di era digital, perdagangan online sangatlah besar dan berkembang pesat. Oleh karena itu, seiring dengan semakin ketatnya persaingan antar penjual online, Anda perlu mengetahui cara berjualan online yang efektif agar bisa tampil beda dan bersaing dengan yang lain.

Jangan khawatir, di artikel ini ada beberapa cara untuk melakukannya. Menjual secara online untuk pemula yang bisa Anda terapkan dalam bisnis online Anda. Simak yuk!

Lalu, Bagaimana Cara dan Langkahnya?


Mau jualanmu laris manis dan mendapat banyak pesanan setiap harinya? Caranya mudah, ikuti cara berjualan online di bawah ini untuk memastikan penjualan Anda selalu terjual habis. Berikut beberapa metodenya:

Pelajari Unique Selling Point (USP)

Bagi yang belum familiar dengan istilah tersebut, Unique Selling Point (USP) adalah nilai jual produk Anda atau keunikan produk yang Anda jual. Pada dasarnya USP-lah yang membedakan produk Anda dengan produk lain yang ada di pasaran.

Seringkali terdapat banyak keunggulan yang berbeda seperti: harga murah, desain stylish, daya tahan lama, garansi lama, dll. Merek-merek besar hampir selalu memiliki kelebihan ini. Tetapi apa yang unik dari bisnis Anda yang tidak dimiliki pesaing lain? Inilah yang harus Anda cari dan identifikasi dengan mendalam

Miliki website toko online sendiri

Penjualan online bisa dilakukan melalui marketplace seperti shopee, tokopedia, lazada atau bahkan di jejaring sosial seperti WhatsApp, Instagram Shopping, TikTok Shop dan marketplace lainnya. Pasar ini memang seperti memberikan kemudahan buat para penjual, Anda bisa langsung upload foto produk, buat deskripsi, dan langsung jual. Namun, memiliki website toko online sendiri akan lebih baik untuk bisnis online Anda.

Banyak dari Anda mungkin berpikir membuat website sendiri itu sulit, mulai dari menentukan layout, tema, dan lain-lain. Namun disinilah Anda bisa membuat website sesuai branding perusahaan Anda. Ditambah lagi, saat Anda membuat situs web toko online sendiri, Anda akan memiliki kendali penuh atas toko Anda. Mulai dari data penjualan hingga data kontak pembeli.

Anda bahkan bisa mendapatkan data terkait tren bisnis yang sedang diminati pelanggan. Data ini kemudian dapat digunakan dalam promosi. Banyak pengusaha pemula yang menganggap membuat website toko online itu sulit. Padahal sebenarnya Anda dapat memanfaatkan situs - situs penyedia layanan pembuatan website secara berbayar. 

Data Riset

Sebagai pemilik bisnis dan penjual produk online, Anda tidak hanya harus pintar menjual produk, tetapi Anda juga perlu memahami cara membaca data. Data merupakan faktor penting dalam bisnis, tanpa bantuan data, produk dan merek terkenal tidak lagi sepenting saat ini.

Anda dapat melihat data penjualan yang dapat diperoleh dalam laporan fungsional pada CMS yang Anda gunakan. Laporan tersebut berisi data seperti produk mana yang paling laris, kapan produk populer, kapan penjualan menurun, dan banyak lagi.

Selain data penjualan tertentu, Anda juga dapat menggunakan  Big Data untuk data yang lebih besar dan lebih kompleks daripada ukuran datanya. . Big data ini bisa berasal dari internet dan smartphone atau dari beberapa platform yang Anda gunakan untuk berjualan seperti Instagram, Twitter, dll.

Setelah meneliti big data, Anda bisa menggunakannya untuk data mining. , khususnya mengekstraksi data kompleks menjadi data yang lebih spesifik. Penambangan data ini melibatkan konversi data mentah menjadi wawasan untuk menemukan apa yang perlu dikembangkan guna meningkatkan operasi bisnis.

Aktif di jejaring sosial

Website saja tidak cukup, ada saluran lain yang perlu dikembangkan untuk mendukung penjualan online, terutama melalui pemasaran media sosial. Pemasaran media sosial sangat penting karena audiensnya sangat besar, bahkan di luar negeri.

Buat deskripsi produk yang unik

Cara hebat berikutnya untuk berjualan online adalah dengan membuat deskripsi produk. Saat Anda menjual produk, baik di marketplace atau situs e-commerce, di media sosial, atau di halaman toko online, sebaiknya Anda menyertakan deskripsi produk tersebut. Deskripsi produk yang unik dan menarik pasti akan menarik minat pelanggan untuk membeli.

Untuk membuat deskripsi produk yang menarik, Anda bisa menggunakan teknik copywriting. Menulis iklan adalah menulis kalimat seefektif mungkin, meyakinkan dan mengajak pelanggan untuk membeli.

Deskripsikan Produk Anda

Selanjutnya Anda bisa mencoba mempelajari dan membuat deskripsi produk . Gunakan contoh tertulis. Ada banyak gaya penulisan berbeda dalam contoh ini, Anda dapat memilih gaya penulisan yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Semakin baik salinan Anda, pelanggan akan semakin tergerak dan pada akhirnya akan memeriksa produk tersebut.

Hal ini juga menjelaskan mengapa orang dengan keterampilan menulis, juga dikenal sebagai copywriter, laporan, saat ini sangat dicari oleh pemilik bisnis  terutama karena kemampuannya yang efektif dalam strategi pemasaran.

Gunakan Strategi Pemasaran Konten

Pemasaran konten adalah teknik promosi produk berdasarkan pembuatan konten. Konten yang Anda buat tidak sembarangan. Namun, Anda perlu membuat konten yang relevan, bermanfaat, atau memberikan informasi baru kepada pelanggan.

Contoh konten yang bisa dibuat antara lain blog, konten Instagram, video, elemen ebooks dan masih banyak konten lainnya. Konten yang paling mudah ditemukan adalah blog atau artikel di website. Anda dapat membuat blog di situs Anda dan kontennya akan tetap relevan dengan produk.

Selain itu, Anda tidak bisa hanya membuat artikel saja, Anda juga perlu membuat konten yang menarik, berkualitas, dan SEO-friendly. . Selain itu, Anda perlu membuat konten yang selalu menarik yang akan terus dicari dan topik yang tidak akan pernah ketinggalan zaman.

Dengan menerapkan teknik SEO, konten blog Anda bisa muncul di urutan teratas pencarian Google. Sehingga pembaca dapat mengetahui lebih banyak dan memiliki lebih banyak kesempatan untuk terus mempelajari produk tersebut.

Promosi Iklan Berbayar

Tips berjualan online selanjutnya adalah dengan menggunakan iklan berbayar ataupaid advertising seperti Google Ads. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan iklan media sosial seperti Iklan TikTok, Iklan YouTube, Iklan Instagram, Iklan Facebook, Iklan Twitter, Iklan LinkedIn, dll.

Secara umum, konsep iklan berbayar adalah membuat kampanye. Di sana, Anda dapat membuat iklan sendiri dan menetapkan berbagai hal seperti sasaran iklan, sasaran penerimaan iklan, biaya iklan harian, dan banyak lagi. 

Kesimpulan : Mari Berjualan Online dengan Cerdas 


Peluang jualan online memang sangatlah berpotensi memberikan keuntungan yang besar, dengan catatan dijalankan dengan maksimal dan tentunya dengan pengelolaan yang cerdas. Sekumpulan strategi - strategi tersebut dapat meningkatkan volume penjualan Anda apabila Anda sendiri sebagai penjualnya dapat melakukannya secara konsisten serta tidak mudah putus asa.

Artikel Terkait

0 Komentar Tulis komentar

Belum ada komentar, jadilah komentar pertama

Tulis komentar kamu

CAPTCHA code