Strategi Promosi Paling Efektif untuk Bisnis Anda

Promosi adalah cara untuk mengenalkan produk atau jasa kepada konsumen secara luas. Strategi promosi yang tepat akan memberikan efek besar terhadap perkembangan suatu bisnis atau usaha. Promosi juga menjadi kunci untuk memenangkan kompetesi di dunia marketing. Begitu pentingnya promosi, hingga siapa saja pelaku usaha yang mampu menyusun strategi dengan tepat, akan mampu membawa usahanya ke dalam kesuksesan. 

Strategi Promosi Efektif

Berangkat dari hal itulah, pembahasan mengenai strategi promosi kiranya menjadi suatu aspek yang penting. Oleh karenanya, melalui artikel kali ini, bagi Anda para pelaku usaha akan memperoleh preferensi tentang bagaimana menerapkan strategi promosi yang efektif dalam menunjang keberhasilan Anda, tentu keberhasilan dalam bisnis yang digeluti menjadi idaman dan harapan dari semua pelaku bisnis. Baik, langsung saja kita bahas strategi promosi yang efektif bagi bisnis Anda. Di bawah ini penjelasan lengkapnya. 

1. Jalankan Social Media Marketing

Media sosial menjadi alat perang yang sangatlah luar biasa kegunannya, dengan syarat dikelola dengan strategi yang tepat. Salah satu strategi promosi yang efektif adalagh dengan memanfaatkan alat yang bernama social media marketing. 

Social media marketing merupakan cabang keilmuan digital marketing yang digunakan sebagai promosi produk usaha, baik itu dalam bentuk barang maupun jasa. Dalam hal ini, terdapat berbagai jenis media sosial yang ada, tugas Anda adalah mengidentifikasi lalu memilih platform media sosial yang tepat yang sesuai dengan target market Anda. 

2. Promosikan Produk Melalui Blog

Selain melalui media sosial, pemanfaatan blog sebagai sarana promosi patut untuk dijadikan pilihan. Karena banyak orang yang juga mengakses blog untuk memperoleh informasi tertentu. 

Syarat yang perlu Anda lakukan yakni membidik keyword yang tepat yang sesuai dengan target promosi. Jangan lupa juga untuk memasarkan blog tersebut, agar memperoleh banyak kunjungan dari calon konsumen Anda. 

3. Adakan Live Shopping

Strategi berikutnya yang harus Anda lakukan sebagai sarana promosi ialah mengadakan live shopping serutin mungkin. Strategi ini tergolong cara yang efektif untuk menawatkan produk ke konsumen. 

Melalui live shopping memungkinkan Anda untuk secara maksimalkan dalam melakukan promosi produk dengan melakukan potongan harga dan voucher promo bagi yang menyaksikan dan berkesempatan memperolehnya. 

4. Berikan Diskon

Dalam marketplace pasti para konsumennya banyak yang menunggu event diskon. Bahkan, melalui strategi diskon yang diterapkan ini, acapkali para konsumen rela untuk memborong produk yang sebenarnya tidak dibutuhkan. 

Karena sudah menjadi rahasia umum, jika harga menjadi faktor dominan yang menentukan keputusan pembelian dari konsumen. Maka strategi memberikan diskon kepada konsumen dapat meningkatkan votalitas pembelian dari konsumen itu sendiri. Anda dapat meniru strategi diskon yang dilakukan oleh platform – platform besar, seperti shoope, tokopedia, bukalapak, dan sebagainya.

5. Tarik Minat Konsumen dengan Sistem Pre-Order

Strategi selanjutnya yang patut Anda coba yakni dengan sistem pre – order. Dengan menggunakan strategi yang satu ini, Anda dapat menciptakan sebuah gebrakan sebelum produk rilis. 

Sebagai contoh, beberapa brand seringkali memakai teknik ini dengan memberikan benefit tertentu kepada konsumen yang mengikuti program Pre – Order. Misalkan brand memberikan potongan harga atau merchandise menarik yang bakal menarik hati konsumennya. 

Strategi dengan menerapkan sistem pre – order dapat semakin meningkatkan votalitas penjualan produk Anda. Tentunya dengan dibarengi strategi – strategi lainnya. 

Strategi Promosi Efektif

6. Buat Program Referral 

Konsep program referral bekerja itu sama dengan promosi dari mulut ke mulut. Dimana seorang konsumen akan memperoleh rekomendasi produk dari orang lain, bisa berasa dari saudara, keluarga, atau rekannya.

Program referral ini sudah banyak diadopsi oleh pengusaha – pengusaha besar. Melalui konsep, dimana konsumen yang berhasil mengajak orang lain untuk menggunakan produk atau layanan dari suatu perusahaan akan memperoleh imbalan yang menarik yang dapat berupa nominal uang atau produk gratis. 

Maka program referral menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif dan terbukti mendatangkan banyak konsumen. Namun, yang perlu dijadikan sebagai pertimbangan adalah pastikan bahwa usaha yang Anda jalankan siap untuk memberikan bonus kepada konsumen yang berhasil mengajak orang lain. 

7. Fokus pada Manfaat Produk

Memahami masalah dari konsumen kemudian melahirkan produk atau layanan untuk mengatasi masalah tersebut merupakan hal pokok yang perlu Anda lakukan. Kuncinya adalah jangan menjual produk tanpa ada masalah di dalamnya. Pahami dan identifikasi apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh konsumen Anda. Pertimbangkan juga untuk selalu mengembangkan varian dari produk Anda, agar konsumen loyal terhadap Anda. 

Inilah yang dimaksud dengan menjual manfaat produk kepada konsumen, karena sebenarnya konsumen tidak terlalu memedulikan produk Anda jika tidak terdapat manfaat yang mereka rasakan. Mulai dari sini, belajarlah untuk menganalisa kebutuhan konsumen Anda. 

8. Kirim Push Notifications

Apa itu push notifications? Menawarkan produk dari push notifications dapat Anda lakukan ketika menjualnya secara digital atau menjual produk digital. Carana adalah dengan menyoroti promo yang baru pada laman website Anda, kemudian berikan penawaran yang menarik dari produk Anda.

Banyak pelaku bisnis yang telah menggunakan metode ini, dengan asumsi produk mereka akan mudah untuk dikenal oleh para konsumen. Kunci keberhasilan dari push notifications adalah dengan memprogram push notification semenarik mungkin. Agar para konsumen tertarik kemudian melanjutkan untuk menggunakannya.

9. Perkenalkan Program Loyalty

Guna meningkatkan loyalitas konsumen kepada Anda dapat menggunakan strategi promos program loyalty. Dimana Anda sebagai pebisnis akan memberikan reward menarik bagi konsumen yang membeli produk Anda secara berulang. Contohnya, Anda menjual produk makanan ringan melalui toko online Anda. Berikan pengumuman, jika ada yang membeli secara berulang sampai dengan 10 kali, maka akan mendapatkan bonus dalam nominal uang tertentu. 

Melalui strategi ini, pasti banyak konsumen Anda yang melakukan pembelian berulang demi mencapai reward tersebut. Keuntungan yang Anda peroleh pun dapat ditingkatkan, asalkan Anda konsisten dan rutin dalam melakukannya.

10. Promosi Produk dengan Bantuan Influencer

Strategi terakhir yang dapat Anda coba adalah bekerja sama dengan influencer. Pastinya para influencer telah memiliki audiensnya sendiri. Bangun kerja sama dengan influencer yang berpotensi menghasilkan keuntungan bagi Anda. 

Melalui program ini, Anda juga dapat menggaet konsumen yang tidak dapat Anda jangkau. Namun, strategi model ini perlu disokong dengan anggaran untuk memberikan bayaran kepada si influencer. 

Hal tersebut tidak menjadi masalah sebenarnya, asalkan influencer dapat mendatangkan konsumen dalam jumlah tertentu yang dapat menjadi sumber keuntungan Anda secara signifikan. Sehingga potensi bisnis yang Anda jalankan dapat berkembang dengan cepat dan mengalami kemajuan yang signifikan. 

Strategi Promosi Efektif

Bagaimana? Setelah mengetahui daftar strategi promosi yang efektif, selanjutnya adalah mempraktekannya. Strategi di atas dapat Anda pilih sesuai dengan kondisi bisnis. Mana yang lebih menguntungkan bagi perusahaan Anda juga perlu dipertimbangkan.

Artikel Terkait

0 Komentar Tulis komentar

Belum ada komentar, jadilah komentar pertama

Tulis komentar kamu

CAPTCHA code